1. Ketidakmemadai anak dalam menjalin relasi timbal balik walaupun dengan bahasa dan perilaku nonverbal sekalipun, misalnya kontak mata yang sangat kurang, ekspresi muka yang datar, gerak-gerik yang kaku sehingga sulit untuk menjalin interaksi dengan lingkungan sekitarnya.
- Ketidakmampuan untuk mengembangkan pola relasi yang adekuat dengan teman sebayanya.
- Kekurangmampuan untuk menikmati kesenangan dan ketertarikan bersama dengan kelompoknya atau orang lain. Anak sulit merabarasakan apa yang dirasakan orang lain (sulit berempati).
- Ketidakmemadaian dalam mengembangkan hubungan sosial dan emosional yang bersifat timbal balik.
- Preokupasi dengan satu atau beberapa minat secara terbatas dan dengan cara yang sangat khas serta berlabih-lebihan (baik intensitas maupun fokus yang diberikan).
- Gerakan-gerakan yang khas dan berulang-ulang, serta tidak sesuai dengan perilaku anak seusianya.
- Terpaku pada suatu kegiatan yang bersifat ritual atau rutinitas.
- Perilaku anak sangat tidak fleksibel.
- Preokupasi dengan bagian-bagian dari suatu objek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar